Tunarungu dan Tas dari Limbah Plastik

Tumpukkan limbah plastik terlihat di salah satu rumah sederhana milik orang tua Ella.  Dari tangan anak tunarungu yang terampil ini disulaplah barang bekas tersebut menjadi tas cantik. Otak dibalik kesuksesan Ella Syahputri ( 19 ) adalah Karmi Prihatiningsih ( 40 ), dialah sang ibu tercinta yang bercita – cita ingin membuktikan bahwa orang – orang tunarungu seperti anak sulungnya tersebut bisa mandiri dan melalui kegiatan ini juga memiliki banyak teman.

Multilayer atau sampah plastik kemasan isi-ulang. Oleh Aksel-retro Blogspot.com/2011

Multilayer atau sampah plastik kemasan isi-ulang. Oleh Aksel-retro Blogspot.com/2011

Kegiatan awal ibu yang mempunyai tahi lalat di dekat hidung sebelah kanan ini hanya iseng – iseng, bekas bungkus kapal api dibuatnya menjadi tas dan ternyata Ella tertarik dengan kerajinan tangan buatan ibunya tersebut. Kini usahanya berkembang menjadi home industri, bahkan hasil karyanya sudah merambah ke mancanegara. Selain itu LSM ikut membantu dalam pemasarannya, berhubung permintaan kerajinan dari limbah tersebut semakin meningkat, sehingga tidak cukup lagi mengandalkan sampah dari tetangganya.

” Saya membelinya dari kelompok pemulung dengan harga Rp.2000,- ( Dua Ribu Rupiah ) perkilogram ” jelasnya dengan senyuman lebar tersungging dibibirnya.

Dirumahnya ada 14 orang anak tunarungu dipekerjakan oleh istri dari Pak Rukun Tetangga Syarif abdullah ( 55 ). Anak – anak tersebut dididiknya secara langsung membuat tas dari barang sampah. Namun belakangan ibu yang membuat model tas tersebut dengan mencontoh milik beberapa temannya tersebut juga mempekerjakan ibu – ibu miskin dilingkungan tempatnya tinggal.

” Untuk membantu kehidupan mereka agar membaik, sehingga bisa membeli bedak sendiri tanpa meminta uang kepada suami ” katanya sambil tertawa.

Kini Ibu beranak tiga yang mulai terlihat keriput di dahi dan sekitar matanya ini tersenyum lega sebab tas tanpa merek tersebut adalah sebuah bukti bahwa anak – anak tunarungu bisa mandiri, walaupun di dalam hasilkaryanya hanya dibubuhkan secarik kertas bertuliskan ” This bag is made by people with hearing impairment “. Serta dengan kegiatan ini menimbulkan kesadaran lingkungan dan membuka wawasan tentang nilai ekonomis sampah bagi masyarakat luas.

Tas limbah. Oleh Aksel-retroBlogspot.com/2011

Tas limbah. Oleh Aksel-retroBlogspot.com/2011

Latihan penulisan feature Profile

Dian/ Rosdiana   19-03-2013   00.00WIB

Informasi gambar : Aksel-retro, Blogspot.com/2011/bahan kerajinan dari barang bekas.

Leave a comment